Film Sejarah Islam Yang Monumental

Membuat film tentang sejarah Islam, sungguh berbeda dengan membuat film sejarah-sejarah yang lainya, pun beda pula dengan menuliskanya atau menuturkan. 
Karena ada satu kaidah penting yang harus dijalankan, yakni larangan untuk menggambar, atau menampilkan personal Nabi Muhammad SAW. Sebagai satu-satunya tokoh sentral penting, tapi justru tidak boleh ditampilkan sosok personnya,  
Inilah seninya, maka membuat film sejarah Islam dalam perspektif "pihak ketiga" menjadi satu-satunya langkah strategis dalam membangun keseluruhan plot sejarah yang ingin di tampilkan. 
Di dekade 70-an, kita mengenal juga film tentang sejarah Islam "The Message", plot perspektif utama dibangun dari figur Hamzah (yang diperankan oleh Anthony Quinn) paman Nabi Muhammad SAW yang juga terkenal dengan gelarnya "Singa Padang Pasir".
Dan di dekade ini, satu lagi film sejarah Islam dipasarkan, "Omar" dengan mengambil tokoh sentralnya Umar Bin Khattab. Tentu atas berbagai pertimbangan, kenapa figur Umar yang dipilih untuk dijadikan peran sentralnya, diantara puluhan sahabat Nabi yang lain. Disamping karena kebesaran Umar yng terkenal dengan prestasi mayor-nya dalam menyebarluaskan Islam secara significant di penjuru dunia, atau dalam istilah lain Ekspansi Islam, atau penaklukan thaghut-thaghut dunia yang berarti pembebasan manusia dari penindasan dan ketidak adilan.
Umar Bin Khattab, dengan berbagai kelebihanya, merupakan satu pribadi yang unik dengan karakter yang kuat, sehingga menarik untuk dijadikan figur sentral dalam menggambarkan sejarah Islam. 
Berbeda dengan pendahulunya, The Message, film Omar terasa lebih orisinil. Setting Arab, pemeran aktor-artis Arab, bahasa dan budaya klasik Arab, disamping interprestasi terhadap sejarah yang tentu saja lebih detail, mengingat dikemas sebagai film serial hingga 30 episode. 
Umar & Hamzah
Film Omar cukup berhasil dalam menampilkan keindahan estetika Islam, heroik tauhid dengan akhlaq yang khas dan politik yang berbasis pada keadilan, performa pemimpin yang melayani umat (masyarakat) dengan hati dalam mana dan wujud yang sebenar-benarnya, kesederhanaan para pemimpinnya, kebersamaan pluralistik, seolah dengan lantang berbicara: INILAH ISLAM! Yang berbeda dengan trend besar platform film-film Hollywood, yang heroik individualistik, drama humanistik yang absurd, cinta syahwatiyah, konspirasi politik yang dikonotasikan selalu kotor.
Film ini sebagai koleksi, hiburan, pendidikan dan sebagai oase yang inspiratif, membangun ghirah Islam, layak untuk menjadi hidangan buat keluarga atau membangun kebersamaan dengan saudara maupun rekan-rekan. Bahkan sebagai pengisi liburan anak-anak, tentu saja jauh lebih baik darpada aktifitas liburan yang semata-mata memanjakan "kenikmatan" keduniawiaan.

Film OMAR ini, serial 30 episode, dalam bentuk DVD (4 keping), bisa anda dapatkan dengan GRATIS!
Ketika anda membeli Ensiklopedi Islam Digital.

Informasi selengkapnya, bisa di dapatkan di sini.

Semoga bermanfaat!





1 comment:

  1. Link Bokeps Aja Hampir Di Setiap Situs Gratis Kok Film Sejarah Harus Di Beli......! HARAP MAKLUM

    ReplyDelete